Gaya Hidup

Punya Tubuh Terlalu Kurus Bisa Percepat Menopause?

Sudah menjadi rahasia umum jika banyak wanita yang mati-matian menurunkan berat badan hingga terlihat lebih dari langsing alias kurus. Padahal menurut penelitian, wanita dengan berat badan rendah pada usia akhir remaja dan usia 30-an tahun memiliki risiko terkena menopause lebih awal, yaitu tidak terjadinya menstruasi selama 12 bulan berturut-turut dan seterusnya. Bila menopause terjadi sebelum usia 45 tahun, maka hal ini dikatakan terlalu dini.

Menopause yang terlalu dini dialami sebanyak 10 persen dari semua wanita. Dilansir Hellosehat, menstruasi dini tak bisa disepelekan karena berkaitan dengan tingginya risiko terkena penyakit jantung dan kondisi lain seperti osteoporosis dan penurunan fungsi kognitif.

Wanita dengan angka BMI (Body Mass Index), merupakan ukuran yang digunakan untuk menilai proporsionalitas perbandingan antara tinggi dan berat seseorang, kurang dari 18,5 dikatakan underweight atau memiliki berat badan terlalu rendah.

Wanita dengan BMI kurang dan badan terlalu kurus, berdasarkan penelitian, memiliki risiko terkena menopause dini yang lebih signifikan dibanding dengan wanita dengan berat badan normal. Di samping itu, wanita dengan riwayat penurunan berat badan yang terlalu drastis juga memiliki risiko terkena menopause dua kali lebih cepat dibanding yang tidak.

Dijelaskan peneliti, ada beberapa kemungkinan yang dapat mencetuskan terjadinya menopause dini. Pertama, badan terlalu kurus atau BMI kurang bisa memicu gangguan keseimbangan hormon di otak. Akibatnya, terjadi penurunan kadar hormon estrogen dan peningkatan risiko tidak subur. Berat badan rendah dapat meningkatkan kadar hormon kortisol, yaitu salah satu hormon yang berpengaruh saat stres.

Selanjutnya kedua disebabkan oleh stres berlebihan yang akhirnya memicu terjadinya menopause dini. Berat badan yang kurang juga bisa memicu stres akibat peningkatan hormon kortisol. Jadi stres berlebihan itu sendiri pun sebenarnya bisa dipengaruhi oleh berat badan Anda. ** Baca juga: Tidur Jadi Cara Terbaik untuk Hindari Virus Influenza

Karena itulah para wanita disarankan untuk tetap menjaga berat badan agar selalu dalam batas normal, dan hati-hati dalam menjalani diet agar berat badan tidak turun terlalu drastis.(k6)

Tags
Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close