Gaya Hidup

Takut Kelaparan Saat Diet? 5 Buah Ini Buat Anda Kenyang Lebih Lama

Takut Kelaparan Saat Diet? 5 Buah Ini Buat Anda Kenyang Lebih Lama

Banyak orang yang mengurangi porsi makan dan lebih pilih-pilih menu saat sedang diet. Meski begitu, bukan berarti Anda jadi sengaja melaparkan diri. Ini justru bisa membuat diet gagal total karena tubuh kekurangan energi. Ketika rasa lapar menyerang, siap sedia dengan lima buah untuk diet ini sebagai camilan pengganjal perut yang tidak bikin berat badan naik.

Berbagai buah untuk diet yang bisa menunda lapar

1. Alpukat

risiko kebanyakan buah alpukat

Mau dibuat jus, salad, atau roti isi, alpukat adalah buah yang paling mudah untuk diolah. Alpukat mengandung asam oleat, jenis lemak tak jenuh tunggal yang dapat meningkatkan penyerapan nutrisi dari makanan yang Anda makanan hinga 15 kali lipatnya. Kandungan lemak tak jenuh ini juga ikut membantu menghentikan resistensi insulin untuk mengontrol kadar gula darah, yang bisa mencegah Anda merasa lemas dan kelaparan saat diet.

Selain itu, alpukat tinggi kandungan serat dan air untuk membantu Anda merasa kenyang lebih lama.

2. Jeruk

serabut putih pada jeruk

Vitamin C dalam buah jeruk membantu mengubah lemak menjadi energi. Selain itu, buah jeruk memiliki sifat diuretik alami yang bisa membantu membersihkan usus dari sisa makanan yang menumpuk dalam usus. Logikanya, semakin banyak sisa makanan yang mengeras dan menumpuk di usus, bobot badan Anda makin bertambah.

Alasan lain kenapa buah jeruk cocok dijadikan camilan buah untuk diet adalah jeruk amat rendah kalori sehingga tidak akan memicu kenaikan berat badan, dan rasa asamnya juga dilaporkan membantu meredam rasa lapar. Manfaat lainnya dari buah jeruk adalah mengurangi terjadinya resistensi insulin dan kelainan metabolik yang menyebabkan penyakit kronis.

Anda bisa menikmati satu buah jeruk ukuran sedang sekitar 30 menit sebelum makan untuk membantu membuat kenyang lebih lama.

3. Apel

apel merah dan apel hijau

Satu buah apel besar dengan kulitnya mengandung 5 gram serat, dua kali lebih banyak daripada apel yang sudah dikupas. Jadi begitu rasa lapar mulai menghantui, kunyah apel saja sampai waktu makan selanjutnya tiba. Jangan lupa untuk mencucinya terlebih sebelum melahapnya, ya!

Dilansir dari Live Strong, penelitian yterbitan Nutrition Journal menunjukkan bahwa anak dan remaja yang rutin makan buah apel memiliki risiko diabetes yang lebih rendah dibanding anak yang tidak suka makan apel.

4. Berbagai jenis buah beri

manfaat buah stroberi

Ngemil lebih banyak buah-buahan beri (buah buni) — seperti anggur, blackcurrant, acai berry, kesemek, goji berry, raspberry, stroberi, blackberry, blueberry, cranberry, arbei, tomat, timun, terong, pisang, semangka, hingga labu — bisa membantu Anda kenyang lebih lama saat diet. Pasalnya, buah-buahan ini mengandung serat khusus yang tidak mudah dipecah menjadi kalori.

Selain itu, jenis buah-buahan ini juga mengandung antioksidan yang membantu tubuh menangkal radikal bebas serta mencegah peradangan pada tubuh. Dilansir dari laman Harvard Medical School, memperbanyak makan buah-buahan beri dapat membantu menjaga berat badan dan menurunkan risiko penyakit jantung dibandingkan jika Anda tidak memakannya sama sekali.

5. Buah persik

manfaat buah persik

Persik membantu menjaga pencernaan Anda tetap sehat karena kandungan serat dan mineralnya. Selain itu, persik juga cocok dijadikan buah untuk diet karena mengandung sedikit kandungan kalori tapi mengandung banyak air. Kombinasi tinggi serat, mineral dan air dari persik ini membuat perut Anda kenyang lebih lama. Jadi daripada Anda terus membayangkan enaknya kentang goreng, lebih baik Anda makan buah persik yang segar dan juga lebih sehat.

Baca Juga:

  • Diet Nordik, Diet Ala Eropa yang Mengharuskan Anda Banyak Makan Ikan dan Buah
  • Bagaimana Menentukan Cara Diet yang Tepat untuk Saya?
  • 5 Tips Diet Vegan untuk Pemula (Tak Sesulit yang Anda Bayangkan, Kok!)
  • Di Balik Kelezatan Buah Durian, 6 Fakta Kesehatan Ini Perlu Anda Tengok

Source

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close