Gaya Hidup

Sering Dituding Penyebab Kegemukan, Popcorn Ternyata Punya Manfaat Kesehatan

Popcorn adalah makanan ringan terbuat dari biji jagung kering yang dipipil dan dipanaskan. Proses pemanasan yang sederhana akan membuat biji jagung mengembang dan ditandai dengan suara ledakan kecil.

Popcorn organik yang terbuat dari jagung memiliki banyak manfaat. Jagung dianggap sebagai sayuran dan biji-bijian yang menyehatkan. Ketika biji jagung dipanaskan dalam minyak dan berubah menjadi popcorn, tetap ada nilai nutrisinya. Dilansir Boldsky, ini dia manfaat kesehatan konsumsi popcorn:

1. Turunkan tingkat kolesterol
Popcorn mengandung serat yang bisa menghilangkan kelebihan kolesterol dari dinding pembuluh darah dan arteri sehingga mengurangi keseluruhan kadar kolesterol. Selain itu juga dapat membantu menurunkan kemungkinan kondisi kardiovaskular seperti serangan jantung dan stroke.

2. Perlancar pencernaan
Popcorn mengandung endosperm. Bisa dibilang popcorn mengandung semua serat yang bisa membantu mengobati pencernaan, yang dapat membantu membuang air besar dan akan mencegah sembelit.

3. Kontrol gula darah
Popcorn memiliki jumlah serat cukup banyak yang mengatur pelepasan dan pengelolaan kadar gula darah dan insulin. Ini akan menjaga kadar gula darah sehingga mencegah diabetes.

4. Cegah kanker
Popcorn mengandung sejumlah besar senyawa poli-fenolik, salah satu jenis antioksidan yang lebih kuat yang dapat Anda masukkan ke dalam tubuh. Antioksidan adalah zat pertahanan kuat yang bisa menghilangkan radikal bebas.

5. Cegah penuaan
Popcorn dapat mengobati gejala terkait usia seperti keriput, bintik-bintik penuaan, degenerasi makula dan kebutaan, kelemahan otot, dan rambut rontok. Popcorn dapat membuat Anda tetap sehat, berkat antioksidan kuat yang ada di dalamnya.

6. Kurangi berat badan
Popcorn normal hanya mengandung 30 kalori yang lima kali lebih sedikit ketimbang keripik kentang berminyak. Kandungan serat dalam popcorn akan membuat Anda merasa kenyang dan menghambat pelepasan hormon kelaparan. Lemak jenuh juga sangat rendah.

7. Tingkatkan pertumbuhan tulang
Popcorn mengandung sejumlah mangan yang bisa membantu membangun dan memelihara tulang yang sehat dan padat. Mangan membantu untuk mendukung struktur tulang dan melindungi terhadap osteoporosis, arthritis dan osteoartritis.

8. Aman bagi penderita diabetes
Popcorn penuh dengan serat tinggi sehingga mudah dicerna dan tidak akan menyebabkan lonjakan gula darah mendadak. Jadi jika Anda menderita diabetes, dapat dengan aman mengkonsumsi popcorn. ** Baca juga: Ladies, Perhatikan 5 Hal Ini Jika Anda Sering Gunakan Perhiasan

Hal yang perlu diingat, popcorn yang dimaksud adalah popcorn organik tanpa bahan tambahan seperti garam, mentega, karamel dan lain sebagainya.(ilj/bbs/k6)

Tags
Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close