Berita Purwakarta

Pemilih Pemula Menentukan Kelangsungan Demokrasi

Purwakarta (KPU) – Pemilih pemula memiliki andil dan pengaruh sangat besar bagi kelangsungan demokrasi di masa mendatang. Karena selain jumlahnya terus bertambah, kemampuan daya pikir mereka juga akan semakin kritis. Pemilih pemula akan menjadi penentu hasil pemilu yang bekualitas.

Demikian diungkapkan Komisioner Bidang Teknis Komisi Pemilihan Umum (KPU) Purwakarta, Nurlaela Mukaromah, SP.I, dihadapan para mahasiswa PMII (Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia) di Gedung Da’wah Islamiyah Purwakarta- Jl. Ibrahim Singadilaga Purwakarta (Minggu, 21).

 

Acara sosialisasi yang membahas tentang seluk beluk pemilu, khususnya Pilkada Serentak 2018 tersebut, mendapat respon sangat antusias dari kurang lebih 100-an peserta yang menghadirinya. Beberapa pertanyaan krusial, diantaranya mengenai praktek politik uang atau money politic dilontarkan salah satu penanya. Untuk itu, Nurlaela mengarahkannya ke hal-hal dasar mengenai teknis penyelenggaraan pemilu. Diantaranya pemahaman persyaratan untuk menjadi pemilih.

 

 

 

“Syarat utama pemilih ada tiga. Pertama, harus berusia 17 tahun, Kedua, sudah atau pernah kawin. Ketiga, bagi TNI dan kepolisian sudah tidak aktif lagi menjadi anggota,” ujar Nurlela.

 

 

Bertindak selaku penyelenggara sosialisasi, Dede Zamaludin (Ketua PMII), beserta Aan Anisa (Moderator). Turut hadir pula di acara tersebut, Drs. KHZ Akhbar Fauzi Asyikin, Mag, Edi Setiadi, SH (Ketua Pusat Pelayanan Informasi dan Dokumentasi /PPID),bersama Sakir (Bagian Teknis), Fitri Wulandari (Bagian Umum), serta Ilham (Bagian Hukum).

 

 

 

 

Selanjutnya Nurlaela menerangkan bahwa pengenalan proses pemilu kepada pemilih pemula sangatlah penting, khususnya bagi yang baru berusia 17 tahun. Karena menurutnya, suara pemilih pemula dapat menentukan pemerintahan selanjutnya yang dapat meningkatkan kesejahteraan hidup bangsa dan negara. Dalam hal ini, Nurlela menghimbau pada para mahasiswa untuk aktif menjadi agen sosial untuk turut serta mensosialisaskan pemilu cerdas dan bermartabat kepada seluruh lapisan masyarakat.

 

 

 

 

 

Sesudah acara sosialisasi selesai, para peserta melakukan long march ke Situ Buleud Purwakarta. Disana mereka melakukan sosialisasi dan penandatanganan kain dukungan pilkada serentak ke warga masyarakat yang ditemui (KPU Purwakarta)

Tags
Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close