Gaya Hidup

Melajang Jadi Salah Satu Pemicu Kenaikan Berat Badan?

Sebuah penelitian mengungkapkan, seseorang yang tidak memiliki pasangan, dapat terancam mengalami peningkatan berat badan. Hal ini dipicu oleh rasa lapar yang terbukti lebih sering terasa saat merasa kesepian atau sendiri, sehingga cenderung makan lebih banyak. Rasa lapar ini juga berasal dari ketidakpuasan pada makanan yang disantap, dan hal ini akan membuat seseorang makan lebih sering.

Tim peneliti yang berasal dari Ohio State University ini, dikutip dari viva.co.id, melakukan pengamatan pada 42 wanita setempat dengan cara meminta mereka mengisi beberapa pertanyaan kuisioner, yang ada kaitannya dengan kesendirian dan status lajang para peserta.

Para peneliti kemudian menganalisis tingkat rasa lapar, sebelum dan sesudah para wanita makan, dengan mencari tahu kadar hormon gherlin dalam tubuhnya. Diketahui, hormon gherlin adalah hormon pemicu rasa lapar yang muncul di dalam tubuh ketika kekurangan makanan. Setelah makan, umumnya kadar hormon ini berkurang dan akan muncul lagi ketika makanan sudah diproses oleh tubuh.

Namun hal tersebut tak berlaku pada beberapa peserta yang masih jomblo. Hasil penelitian tersebut menunjukkan, kandungan hormon pemicu lapar ini tak segera pergi dan datang lebih cepat. ** Baca juga: Menurut Studi, Beli Makanan dengan Kartu Kredit Picu Kegemukan

Jadi saat sendiri, keinginan untuk makan menjadi semakin meningkat.(ilj/bbs)

Tags
Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close