Jawa Barat

Kunjungi Australia, Gubernur Aher Perkuat Kerjasama Sister Province

ADELAIDE – Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan (Aher) melakukan lawatan kerjanya ke Benua Australia, Selasa-Minggu (23-28/01/2018). Lawatan kerja tersebut dilakukan dalam rangka mempererat tali persaudaraan yang telah terbangun antara Australia Selatan dan Provinsi Jabar sebagai Sister Province. Aher juga dijadwalkan akan melakukan pertemuan dengan Komunitas Muslim Indonesia di Masjid Al Hijrah Tempe, Sidney.

Tiba di Sidney, Australia, Rabu (24/1/2018) pagi, Gubernur didampingi istri Netty Prasetyani beserta rombongan delegasi lainnya, di antaranya Direktur Utama bank bjb Ahmad Irfan beserta istri, Asisten Daerah Bidang Ekonomi dan Pembangunan Pemprov Jabar Eddy IM Nasution, dan Kepala Biro Pemerintahan dan Kerja Sama Provinsi Jabar Taufiq Budi Santoso, langsung melanjutkan perjalanannya menuju Adelaide, Australia Selatan.

Tak lama setelah menginjakkan kaki di Kota Adelaide, Aher beserta rombongan delegasi kemudian menyambangi kediaman Gubernur Australia Selatan Hieu Van Le untuk menghadiri jamuan makan malam. Selain Aher dan rombongan, tampak pula sejumlah pejabat Australia Selatan ikut serta dalam sajian makan malam tersebut.

Dalam sambutannya, Gubernur Aher berharap, lewat lawatannya, hubungan kerja sama yang dijalin antara Provinsi Jabar dan Australia Selatan terus meningkat. Beberapa hal yang menjadi perhatiannya, adalah transfer knowledge dalam bidang pertanian terkait penanganan lalat buah pada tanaman mangga gedong gincu.

Hal lain, peningkatan kerja sama di bidang perikanan terkait kerja sama pelatihan dan pemagangan lulusan SMK Perikanan dari Jawa Barat ke Australia Selatan yang belum terlaksana. Terakhir, optimalisasi kerja sama di bidang pariwisata yang dinilai belum maksimal akibat komunikasi yang belum terjalin intensif di antara kedua belah pihak.

Setelah ditandatanganinya Memorandum of Understanding (MoU) antara Pemerintah Provinsi Jawa Barat dengan Pemerintah Negara Bagian Australia Selatan (The Crown In Right of The State of South Australia) tentang Kerja Sama Provinsi – Negara Bagian Bersaudara pada tanggal 24 September 2015, tercatat sedikitnya 17 program/kegiatan yang telah dilaksanakan sebagai implementasi kerja sama Provinsi Bersaudara Jawa Barat-Australia Selatan. Antara lain di bidang perikanan, pendidikan, pemerintahan, kebudayaan, perdagangan dan investasi.

Sembilan dari 17 program tersebut merupakan aktivitas yang tercantum dalam Workplan Kerja Sama Provinsi Bersaudara yang telah disepakati oleh kedua belah pihak, sementara delapan diantaranya perlu ditambahkan ke dalam Workplan. Sebagai bentuk pemenuhan komitmen terhadap amanat MoU tersebut, telah dilaksanakan dua kali Joint Working Group Meeting (JWGM) yaitu JWGM Ke-1 di Bandung pada tanggal 15 s.d. 18 November 2015 dan JWGM Ke-2 di Adelaide, Australia Selatan pada tanggal 25 s.d. 29 Oktober 2016. Rencananya, JWGM ke-3 dilaksanakan pada Bulan November 2017 di Bandung, Jawa Barat. Akan tetapi karena satu dan lain hal, JWGM Ke-3 baru dapat dilaksanakan di Bandung, Jawa Barat pada Bulan April 2018.

HUMAS JABAR

Terkait

Tags
Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close