Berita Purwakarta

Gerakan Coklit Serentak, KPU Jabar Sasar Selebriti

Bandung,- KPU Jawa Barat terus melakukan persiapan jelang pelaksanaan Gerakan Pencocokan dan Penelitian (Coklit) Nasional dalam rangka pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat 2018. Seperti diketahui, gerakan yang digelar serentak di seluruh Indonesia tersebut akan dilakukan hampir satu bulan, dimulai pada Sabtu, 20 Januari hingga 18 Februari 2018.

Komisioner Divisi Program dan Data, Ferdhiman Bariguna, menegaskan jika KPU Jawa Barat siap mensukseskan gerakan tersebut. Olehnya itu, pihaknya terus melakukan persiapan dan kordinasi terkait gerakan yang difokuskan untuk memutakhirkan data dan daftar pemilih tersebut.

“Gerakan ini kita harus persiapkan secara matang sebagai bukti awal kesigapan jajaran KPU dalam mendata pemilih menuju Pilkada serentak 2018,” tegas Ferdhiman kepada Media Centre, Jumat, (19/01/2018).

Ferdhiman menjelaskan, bagi Jawa Barat, Gerakan Coklit tersebut merupakan upaya untuk menyempurnakan data pemilih secara utuh. Ia tak ingin, data pemilih yang selama ini menjadi persoalan disetiap pelaksanaan PIlkada atau pemilihan lagi-lagi muncul di Pilgub Jabar 2018. Makanya dengan coklit, tambah Ferdhiman, semua warga Jabar bisa terdata sekaligus terdaftar menggunakan hak suaranya kelak.

Ia juga mengatakan, gerakan mencoklit yang berlangsung hampir satu bulan tersebut dimaksudkan untuk mengundang partisipasi aktif dan antusias masyarakat mensukseskan Pilgub Jabar 2018. “Harapannya dengan mendatangi langsung pemilih maka pemilih secara sadar untuk mendatangi TPS pada hari H pencoblosan,” tambahnya.

Terkait agenda mencoklit, KPU Jabar rencananya akan menyasar sejumlah tokoh nasional, tokoh masyarakat dan artis nasional. Ferdhiman menyebut sejumlah nama yang menjadi target prioritas, seperti penyanyi legendaris Iwan Fals serta sejumlah artis lainnya. Makanya, KPU Jabar akan all out dan terjun langsung mendampingi KPU Kab/Kota bersama PPDP selama proses coklit.

“Soal kesiapan dan kepastiannya, kami masih menunggu konfirmasi terakhir dari tim kami di daerah paling lambat sore ini,” beber Ferdhiman.

Selain tokoh dan selebrity, KPU juga akan mencoklit para Bakal Cagub/Cawagub yang berKTP Jawa Barat. Antara lain Ridwan Kamil di Kota Bandung, Uu Ruhzanul Ulum domisili Kabupaten Tasikmalaya, Anton Charliyan di Kota Tasikmalaya, Dedy Mizwar dan Akhmad Syaikhu di Kota Bekasi dan Dedy Muliadi di Kabupaten Purwakarta. Sedangkan TB Hasanuddin dan Sudrajat diketahui memiliki KTP Jakarta.

Dalam proses ini, KPU Jabar memang telah membentuk tim Gerakan Coklit. Seperti Ketua KPU Jabar Yayat Hidayat akan mencoklit di Kota Bandung, Nina Yuningsih di Kota Tasikmalaya, Agus Rustandi di Kab. Tasikmalaya, Endun Abdul Haq di Kab. Kuningan, serta Ferdhiman Bariguna, antara di Kota Bogor dan Kota Depok.

KPU Jabar menginginkan PPDP yang berjumlah lebih dari 75 ribu orang tersebut menyelesaikan tugasnya dengan 100%, alias tidak ada yang tersisa. KPU juga mengingatkan kepada seluruh masyarakat untuk mempersiapkan e-KTP/Suket serta Kartu Keluarga (KK) yang menjadi sumber data dalam pencocokan dan penelitian.

Sekedar diketahui, secara nasional, Gerakan Coklit ini dilakukan serentak oleh sebanyak 385.791 PPDP yang didampingi oleh 223.482 orang dari KPU, KPU Provinsi, KPU Kabupaten/Kota, PPK, dan PPS. KPU menargetkan sebanyak 1.928.955 rumah yang dicoklit serentak pada tanggal 20 Januari 2018.

(Edho/Zeena)

Tags
Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close