Gaya Hidup

Ketahui Kelebihan & Kekurangan Makanan Olahan

Ilustrasi/bbs

Kabar6-Makanan olahan adalah makanan yang diproduksi dengan mengubah bentuk dan rasa dari bahan asli/alamiah untuk alasan kepraktisan dan keawetan. Sayangnya, sebagian bahan makanan yang sudah diolah umumnya mengandung lemak, gula dan garam berlebih.

Diketahui, makanan olahan tidak hanya makanan microwave dan makanan siap saji saja. Istilah makanan olahan berlaku untuk setiap makanan yang telah diubah dari keadaan alaminya melalui berbagai proses pengolahan. Ini artinya, Anda bisa saja makan lebih banyak makanan olahan daripada yang disadari. Apa saja sebenarnya kelebihan dan kekurangan makanan olahan? Dilansir Medindia, berikut uraiannya:

1. Kelebihan konsumsi makanan olahan:
a. Sudah dilakukan proses untuk membunuh bakteri berbahaya atau mikroorganisme lainnya, sehingga aman untuk dikonsumsi

b. Beberapa makanan olahan seperti selai kacang, selai blueberi, jus cranberi, jus apel, jus anggur, adalah pilihan sehat yang mungkin tidak berbahaya.

c. Makanan olahan yang diawetkan, biasanya dikemas dalam kaleng, botol kedap udara, sehingga bebas dari bakteri.

d. Mudah didapatkan dan tersedia kapan saja di hampir seluruh toko.

e. Makanan olahan yang dikemas seperti sayuran dan daging dalam kemasan lebih praktis untuk Anda yang sibuk.

2. Kekurangan kkonsumsi makanan olahan:
a. Proses pengolahan biasanya menghilangkan beberapa nutrisi, vitamin dan serat yang terkandung di dalam makanan.

b. Makanan olahan biasanya berasal laboratorium dan bukan berasal dari alam. Makanan yang dimodifikasi secara genetik dapat menyebabkan gangguan pencernaan, infertilitas dan dapat merusak organ-organ Anda

c. Terlalu sering mengonsumsi makanan olahan dapat membuat orang mudah marah dan mudah tersinggung. Sementara mengonsumsi makanan alami akan membantu memperbaiki suasana hati seseorang, meningkatkan energi seseorang dan membuat lebih rileks.

d. Lemak trans dan gula yang dikandung oleh makanan olahan bisa menyebabkan peradangan, kondisi tidak sehat yang mengarah ke asma.

e. Mengonsumsi harian makanan olahan setiap hari bisa menyebabkan penuaan dini dan kerusakan pada ginjal karena mengandung fosfat dan bahan-bahan rekayasa genetika. ** Baca juga: Orang yang Habiskan 1 Jam Bermain Medsos Sering Alami Gangguan Tidur

Mulailah hidup sehat dengan mengurangi konsumsi makanan olahan.(ilj/bbs)

Tags
Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close