Gaya Hidup

Kenali Beberapa Jenis Pelecehan Seksual

Pelecehan seksual adalah perilaku pendekatan-pendekatan terkait dengan seks yang diinginkan, termasuk permintaan untuk melakukan seks dan perilaku lainnya yang secara verbal ataupun fisik merujuk pada seks.

Pelecehan seksual dapat terjadi di mana saja baik tempat umum seperti bis, pasar, sekolah, kantor, maupun di tempat pribadi seperti rumah. Dalam kejadian pelecehan seksual biasanya terdiri dari 10 persen kata-kata pelecehan, 10 persen intonasi yang menunjukkan pelecehan, dan 80 persen non verbal.

Meskipun secara umum wanita sering mendapat sorotan sebagai korban pelecehan seksual, hal ini dapat menimpa siapa saja. Korban pelecehan seksual bisa jadi adalah pria ataupun wanita. Korban bisa jadi adalah lawan jenis dari pelaku pelecehan ataupun berjenis kelamin yang sama. Apa saja sih jenis pelecehan seksual menurut kategorinya Dikutip dari Kompas, berikut uraiannya:

1. Pelecehan gender
Pernyataan dan perilaku seksis yang menghina atau merendahkan wanita. Contohnya termasuk komentar yang menghina, gambar atau tulisan yang merendahkan wanita, lelucon cabul atau humor tentang seks atau wanita pada umumnya.

2. Perilaku menggoda
Perilaku seksual yang menyinggung, tidak pantas, dan tidak diinginkan. Contohnya termasuk mengulangi ajakan seksual yang tidak diinginkan, memaksa untuk makan malam, minum, atau kencan, mengirimkan surat dan panggilan telepon yang tak henti-henti meski sudah ditolak, serta ajakan lainnya.

3. Penyuapan seksual
Permintaan aktivitas seksual atau perilaku terkait seks lainnya dengan janji imbalan. Ini mungkin dilakukan secara terang-terangan atau secara halus.

4. Pemaksaan seksual
Pemaksaan aktivitas seksual atau perilaku terkait seks lainnya dengan ancaman hukuman. Contohnya seperti evaluasi kerja yang negatif, pencabutan promosi kerja, dan ancaman pembunuhan.

5. Pelanggaran seksual
Pelanggaran seksual berat (seperti menyentuh, merasakan, atau meraih secara paksa) atau penyerangan seksual.

Sementara itu menurut perilakunya, pelecehan seksual dibagi menjadi 10 jenis yaitu komentar seksual tentang tubuh seseorang, ajakan seksual, sentuhan seksual, grafiti seksual, isyarat seksual, lelucon kotor seksual, menyebarkan rumor tentang aktivitas seksual orang lain, menyentuh diri sendiri secara seksual di depan orang lain, berbicara tentang kegiatan seksual sendiri di depan orang lain, serta menampilkan gambar, cerita, atau benda seksual.

Mengabaikan pelecehan seksual tidak akan menyebabkan masalah hilang begitu saja. Hal yang paling penting adalah jangan menyalahkan diri sendiri atas masalah yang terjadi, karena ini bukan salah Anda.** Baca juga: Melajang Jadi Salah Satu Pemicu Kenaikan Berat Badan?

Menyalahkan diri sendiri dapat menyebabkan depresi dan hal itu tidak akan membantu dalam menghadapi situasi.(ilj/bbs)

Tags
Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close