Gaya Hidup

Kebiasaan Sehari-hari yang Dapat ‘Membunuh’ Anda

Gaya hidup berpengaruh terhadap kesehatan seseorang. Menurut penelitian, lebih dari 90 persen orang mengikuti gaya hidup yang bisa memicu stres. Sebaliknya, jika Anda menjalani gaya hidup sehat, kemungkinan besar akan mengalami kehidupan yang jauh lebih baik.

Kebiasaan sehari-hari apa saja sih yang bisa ‘membunuh’ Anda atau dapat mendatangkan penyakit yang tak diinginkan? Dilansir Cheat Sheet, berikut empat kebiasaan yang dimaksud:

1. Selalu menambahkan pemanis pada kopi
Menurut pusat pengendalian dan pencegahan penyakit, terlalu banyak menambahkan pemanis atau gula pada kopi bisa menyebabkan obesitas, diabetes tipe 2 dan penyakit jantung. Direkomendasikan memotong kalori dari gula yang ditambahkan untuk mengurangi risiko masalah kesehatan yang bisa mengakibatkan kematian dini.

2. Tidak berhenti mengemil
Hobi mengemil sepanjang hari membuat kadar gula darah semakin naik. Solusiny, pilih camilan yang tepat seperti buah-buahan yang akan menyehatkan tubuh.

3. Menonton TV sepanjang hari
Kebiasaan yang satu ini bisa menyebabkan beberapa konsekuensi serius. Menurut penelitian yang dilaporkan pada USA Today, orang yang menonton TV setidaknya tiga jam sehari memiliki dua kali risiko kematian dini.

Menonton adalah sifat pasif, aktivitas menetap dan tentu saja orang-orang yang melakukannya selama berjam-jam tidak memperhatikan segi gaya hidup mereka dan diet. Selain itu, ketika Anda menetap terlalu lama, pembuluh darah menjadi kaku sehingga mengakibatkan penumpukan kolesterol dalam arteri.

4. Sering konsumsi obat penghilang nyeri/sakit
Terlalu sering menggunakan obat penghilang rasa nyeri atau sakit (painkiller) bisa menyebabkan masalah kesehatan yang serius. Seiring waktu, penggunaan obat-obatan seperti itu bisa meningkatkan risiko ulkus, perdarahan gastrointestinal, tekanan darah tinggi dan serangan jantung. ** Baca juga: Ubi Jalar Miliki Khasiat yang Baik untuk Kehidupan Seks

Mulailah menjalankan gaya hidup sehat agar jauh dari penyakit.(k6/ilj/bbs)

Tags
Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close