Berita Purwakarta

KADISDUKCAPIL PURWAKARTA : PEMBUATAN E-KTP TIDAK BISA DIWAKILKAN

Purwakarta (KPU) – Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Kadisdukcapil) Kabupaten Purwakarta, Drs. H. Sulaeman Wilman, mengungkapkan bahwa terdapat beberapa kendala dalam pemenuhan batas perekaman E-KTP yang diminta Komisi Pemilihan Umum. Diantaranya, keterbatasan sarana pencetakan yang dimiliki Disdukcapil Purwakarta yang saat ini hanya memiliki 4 perangkat komputer dengan kemampuan mencetak maksimal hanya 600-an saja per harinya. Sedangkan dari 12.000 blanko yang tersedia, permintaan pencetakan mencapai angka hingga 60.000.

Hal itu diungkapkannya saat berbicara dihadapan peserta bimbingan teknis pemutakhiran data dan penyusunan pemilih untuk penyelenggara Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) se Purwakarta, Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) se Purwakarta, Partai Politik, serta Lembaga Pemasyarakatan Purwakarta di Harper Hotel, Jl. Raya Bungursari No. 122 Purwakarta (19/1).

“Ini sesuatu yang impossible. Tapi kita bisa mengatasinya dengan Suket (Surat Keterangan-Red). Di dalam suket itu kan ada unsur pemula, belum pernah menerima, perubahan data dari bujangan jadi menikah, ada yang hilang, ada yang rusak,” ujar Sulaeman.

Selanjutnya Sulaeman memberitahu bahwa pembuatan E-KTP harus dilakukan sendiri atau tidak bisa diwakilkan, kecuali yang bersangkutan memiliki penyakit permanen.

Pada sessi Tanya jawab, Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Kalapas) Purwakarta, Asep Saefudin, SH, MH, mengaku merasa pesimis tentang bagaimana cara warga binaan mendapatkan KTP dan Kartu Keluarga, serta bagaimana dan dimana proses pencoblosan bagi warga binaan dilakukan.

“Dari 360 orang penghuni lapas asal Purwakarta saja, 100 orang saja belum tentu memiliki KTP,” ungkap Asep yang menambahkan perlunya penentuan tempat pencoblosan yang aman bagi warga binaannya.

Menjawab kepesimisan Asep tersebut, Komisioner Bidang Teknis Komisi Pemilihan Umum (KPU) Purwakarta, Nurlaela Mukaromah, SP.I, menyatakan pihaknya akan melakukan koordinasi terlebih dahulu dengan pihak Disdukcapil.

Turut hadir di acara tersebut, Kepala Sekretariat KPU Purwakarta, Drs. H. Karlan. Bertindak selaku pendamping pembicara dan moderator, Gitasari Siswinarti SH. Dibantu pula oleh Atik Musrifa, S.IP (pembawa acara), Popo Sukma Rahayu, Amd (Bagain Umum), Okto Ardiyan S(Operator), serta Tim Media Centre KPU Purwakarta.

(Dedi Djanuryadi/MC-KPU Purwakarta).

Tags
Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close