Gaya Hidup

Hati-hati, Sering Marah Tidak Baik untuk Kesehatan

Marah adalah hal yang dialami oleh setiap orang. Merupakan suatu emosi yang secara fisik mengakibatkan antara lain peningkatan denyut jantung, tekanan darah, serta tingkat adrenalin dan noradrenalin.

Meskipun tidak dilarang, marah yang tidak terkontrol atau seringkali meluapkan emosi untuk hal-hal sepele tentu saja tidak disarankan karena akan mengundang masalah kesehatan yang cukup serius. Apa saja sih masalah kesehatan yang timbul jika akibat sering marah yang tidak terkontrol? Dilansir Everyday Health, berikut uraiannya:

1. Berdampak pada kesehatan jantung
Menurut jurnal dari Wake Forest University School of Medicine, sering marah-marah membuat Anda mudah terkena masalah kesehatan jantung. Marah-marah tak jelas ini akan meningkatkan Anda terkena serangan jantung dua kali lipat.

2. Risiko terkena stroke
Marah-marah yang tak terkendali juga bisa memicu masalah stroke, dua jam setelah marah-marah bisa memicu penggumpalan darah dalam otak dan memicu tersumbatnya aliran darah. Ini adalah awal dari masalah stroke, karena aliran darah diotak tersumbat maka risiko pecahnya pembuluh darah pun semakin tinggi. Untuk terhindar dari masalah tersebut Anda harus pintar mengontrol emosi.

3. Daya tahan tubuh melemah
Studi dari Universitas Harvard, AS, mengemukakan, sering marah-marah bisa membuat tubuh mudah terserang penyakit. Marah tidak jelas bisa menurunkan antibodi Imunoglobulin, zat penting dalam tubuh untuk melawan beragam penyakit.

4. Kesehatan paru-paru terancam
Kontrol amarah yang tidak baik akan membuat Anda memiliki kapasitas paru-paru yang buruk, hal ini akan memicu masalah kesehatan yang berkaitan dengan paru-paru, seperti masalah pernapasan.

5. Perpendek usia
Orang yang suka marah-marah rentan terkena masalah depresi dan stres ini juga bisa memicu masalah serius seperti bunuh diri. ** Baca juga: Sering Disebut ‘Biang Kesuburan’, Ketahui Manfaat Lain Konsumsi Taoge

Jadi sebaiknya hindari marah-marah, dan sebisa mungkin segera selesaikan masalah dengan kepala dingin.(k6/bbs)

Tags
Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close