Gaya Hidup

Gambar Anatomi Gigi, Jenis-Jenis Gigi, dan Fungsi Setiap Bagiannya

Gambar Anatomi Gigi, Jenis-Jenis Gigi, dan Fungsi Setiap Bagiannya

Gigi adalah bagian dalam tubuh manusia yang cukup rumit. Fungsi gigi tidak hanya untuk mengunyah dan mencerna makanan, tapi gigi juga berperan penting dalam berbicara. Untuk mengetahui lebih dalam tentang gigi, simak anatomi gigi selengkapnya di sini.

Mengenal perkembangan gigi

Manusia memiliki dua kelompok gigi, yaitu gigi susu atau gigi bayi dan gigi permanen atau gigi dewasa, yang berkembang secara bertahap. Meskipun waktu perkembangannya berbeda pada setiap orang, masing-masing kelompok gigi tumbuh dengan tahapan yang serupa.

Menurut dokter bedah gigi dan profesor kedokteran gigi di Columbia University Medical Center, gigi cenderung tumbuh secara simetris, yang berarti gigi geraham atas bawah di sisi kiri harus tumbuh bersamaan dengan gigi geraham sisi kanan.

Perkembangan gigi dimulai jauh sebelum gigi pertama Anda terlihat. Sebagai contoh, gigi pertama bayi muncul pada usia kehamilan sekitar enam bulan, tetapi perkembangan gigi tersebut sebenarnya telah dimulai pada awal trimester kedua kehamilan.

Mahkota gigi terbentuk lebih dulu, sementara akarnya terus berkembang bahkan setelah gigi muncul. Antara usia 2,5 hingga 3 tahun, 20 gigi utama sudah mulai tumbuh dan menetap sampai usia sekitar 6 tahun. Antara usia 6-12 tahun, gigi susu mulai berganti dengan gigi permanen.

Gigi dewasa mulai tumbuh di antara usia 6-12 tahun. Kebanyakan orang dewasa memiliki 32 gigi permanen.

Seperti apa anatomi gigi?

Anatomi gigi dibagi menjadi dua bagian dasar. Bagian pertama yaitu mahkota, yang merupakan bagian gigi yang berwarna putih terlihat. Bagian kedua adalah akar gigi yang tidak dapat Anda lihat. Akar meluas di bawah garis gusi dan membantu mengikat gigi ke tulang. Gigi Anda memiliki beberapa jenis jaringan dan masing-masing memiliki fungsi yang berbeda.

Anatomi gigi tersebut yaitu:

  • Enamel adalah bagian luar gigi yang paling keras dan putih dari gigi. Enamel melindungi jaringan vital di dalam gigi, yang sebagian besar terbuat dari kalsium dan fosfat.
  • Dentin adalah lapisan di bawah enamel. Ini adalah jaringan keras yang mengandung tabung kecil. Ketika enamel rusak, suhu panas atau dingin dapat masuk gigi melalui jalur ini dan menyebabkan sensitifitas gigi atau rasa sakit.
  • Cementum adalah lapisan jaringan ikat yang mengikat akar gigi dengan kuat ke gusi dan tulang rahang. Karena lebih lembut dari enamel dan dentin, cara terbaik untuk melindungi jaringan lunak dari pembusukan adalah dengan merawat gusi Anda dengan baik. Cementum memiliki warna kuning muda dan biasanya tertutup oleh gusi dan tulang. Kalau tidak merawat gigi dengan baik, gusi bisa menjadi sakit dan menyusut, membuat cementum tertumpuk plak dan bakteri berbahaya.
  • Pulpa adalah bagian dalam anatomi gigi yang lebih lembut, dapat ditemukan di pusat dan inti gigi Anda serta berisi pembuluh darah, saraf, dan jaringan lunak lainnya. Bagian ini berguna untuk memberikan nutrisi dan sinyal ke gigi Anda.
  • Periodontal ligamentum adalah jaringan yang membantu menahan gigi dengan kuat melawan rahang.
  • Gusi adalah jaringan lunak yang menutupi dan melindungi akar gigi. Gusi tidak menempel pada gigi.

Jenis-jenis gigi

Gigi membantu Anda mengunyah makanan sehingga lebih mudah dicerna. Setiap jenis gigi memiliki bentuk yang sedikit berbeda dan memiliki fungsinya masing-masing. Simak daftar jenis gigi berikut ini.

  • Gigi seri adalah 8 gigi di depan mulut Anda (4 di atas dan 4 di bawah). Gigi seri digunakan untuk mengigit makanan. Gigi seri biasanya merupakan gigi pertama yang muncul, sekitar 6 bulan usia bayi.
  • Gigi taring adalah gigi yang paling tajam dan digunakan untuk merobek makanan. Gigi taring muncul antara usia 16-20 bulan dengan gigi taring berada tepat di atas dan bawah. Namun, pada gigi permanen, urutannya terbalik, gigi taring baru akan berganti di sekitar usia 9 tahun.
  • Premolar digunakan untuk mengunyah dan menggiling makanan. Orang dewasa memiliki 8 premolar di setiap sisi mulut, 4 di rahang atas dan 4 di rahang bawah. Premolar pertama muncul sekitar usia 10 tahun dengan premolar kedua muncul sekitar setahun kemudian. Premolar terletak di antara gigi taring dan gigi geraham.
  • Gigi geraham juga digunakan untuk mengunyah dan menggiling makanan. Gigi ini muncul antara usia 12-28 bulan, dan digantikan oleh premolar pertama dan kedua (4 atas dan 4 bawah). Jumlah gigi geraham adalah 8.
  • Gigi geraham bungsu merupakan gigi yang paling akhir muncul, terletak di paling belakang gigi geraham. Biasanya gigi bungsu ini belum akan muncul hingga menginjak usia 18-20 tahun. Namun, pada beberapa orang gigi ini mungkin tidak akan tumbuh sama sekali. Sayangnya, gigi bungsu ini bisa tumbuh mendesak gigi yang lain dan menyebabkan nyeri sehingga harus segera dicabut.

Baca Juga:

  • Mengenal Prosedur Implan Gigi yang Ternyata Lebih Baik dari Gigi Palsu
  • Benarkah Memutihkan Gigi Bisa Bikin Gigi Jadi Sensitif?
  • Harus Seberapa Sering Periksa Gigi ke Dokter?

Source

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close