Gaya Hidup

Bolehkah Pakai Pembersih Scrub Ketika Wajah Sedang Jerawatan?

Bolehkah Pakai Pembersih Scrub Ketika Wajah Sedang Jerawatan?

Di antara segudang pilihan jenis sabun cuci muka, ada yang diklaim ampuh untuk menghilangkan jerawat membandel karena mengandung butiran scrub mikroskopik. Sabun scrub memang lebih efektif mengangkat kotoran dan minyak, tapi apa benar boleh pakai scrub untuk jerawat? Sebelum mencobanya, baca dulu di sini.

Bolehkah pakai scrub untuk jerawat?

Sabun cuci muka yang mengandung scrub bertujuan untuk mengangkat tumpukan sel kulit mati serta minyak dan kotoran yang menyumbat pori-pori di permukaan kulit. Sel kulit mati, minyak, dan kotoran berlebih adalah biang penyebab jerawat. Maka, tak heran jika cara ini dapat membantu mencegah jerawat muncul.

Sayangnya, cuci muka dengan sabun scrub malah bisa memperparah kondisi kulit yang sudah terlanjur berjerawat. Begitu pula dengan melakukan eksfoliasi kulit ketika sedang jerawatan, misalnya dengan scrub alami dari gula atau garam.

Partikel gerinjil scrub tidak bisa menembus hingga ke dalam pori-pori sebagai tempat jerawat berkembang. Butiran scrub hanya mengangkat lapisan sel kulit mati di permukaan teratas kulit. Tentunya hal ini tidak membuat scrub efektif untuk menghilangkan jerawat.

Karena hanya bekerja di permukaan kulit, butiran gerinjil dalam krim scrub tersebut malah dapat melukai kulit yang sedang berjerawat dan mengalami iritasi. Semakin Anda menggosoknya dengan kuat, semakin kulit menjadi kemerahan dan teriritasi.

Cara aman kalau ingin melakukan scrub untuk kulit berjerawat

Cuci muka dengan sabun scrub untuk jerawat tidak direkomendasikan. Sama halnya dengan menggunakan scrub alami yang biasanya terbuat dari gula atau garam. Meski begitu, bukan berarti Anda sama sekali tidak boleh melakukan eksfoliasi ketika sedang jerawatan.

Pilihlah produk pembersih wajah atau eksfoliator yang tidak mengandung butiran gerinjil, namun mengandung asam salisilat. Dilansir dari Self, Michele Green, M.D., seorang dokter kulit, berujar bahwa produk perawatan kulit yang mengandung asam salisilat bisa membantu mengatasi jerawat membandel.

menghilangkan sel kulit mati pada kulit berjerawat

Jenis asam salisilat dalam produk perawatan kulit yang bertugas mengangkat sel kulit mati sekaligus melawan jerawat adalah BHA. Bentuknya seperti bubuk kristal yang larut dalam minyak. Zat ini bisa menyerap ke dalam kulit dengan sangat baik hingga menembus pori-pori. Itulah sebabnya asam salisilat sangat direkomendasikan sebagai perawatan kulit berjerawat atau kulit berminyak.

Ada banyak produk pembersih kulit yang mengandung BHA, tapi Eksfoliasi dengan BHA lebih baik dan aman dilakukan di dokter kulit untuk menentukan dosis bahan kimia yang tepat bagi Anda.

Selain itu, penggunaan produk mengandung BHA pada kulit bisa membuat kulit sangat sensitif terhadap sinar matahari. Oleh karena itu, Anda wajib menggunakan tabir surya setelah melakukan perawatan. Hindari juga penggunaan asam salisilat bersamaan dengan retinol yang bisa membuat kulit sangat kering dan mudah iritasi.

Baca Juga:

  • Begini Cara Ampuh dan Mudah Mengobati Jerawat Batu yang Meradang
  • 4 Cara Menggunakan Lidah Buaya untuk Jerawat yang Bisa Anda Coba di Rumah
  • Suntik Jerawat, Metode Instan untuk Atasi Jerawat Meradang

Source

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close