Gaya Hidup

Anda yang Punya Rematik, Sudah Coba Yoga Belum? Manfaatnya Banyak, Lho!

Anda yang Punya Rematik, Sudah Coba Yoga Belum? Manfaatnya Banyak, Lho!

Latihan yoga mungkin kedengarannya sulit bagi seseorang yang memiliki rematik atau rheumatoid arthritis (RA). Anda bisa jadi berpikiran bahwa membungkukkan badan, meregangkan anggota-anggota tubuh, memelintir kaki, atau gerakan yoga lainnya mustahil dilakukan orang dengan rematik. Namun, di balik kesulitan dan kekhawatiran Anda, sebenarnya manfaat yoga untuk rematik ada berbagai macam.

Apa saja manfaat yoga untuk rematik?

Meskipun awalnya orang dengan rematik mungkin kesulitan menguasai gerakan-gerakan yoga, Anda jadi bisa menjaga kelenturan sendi Anda. Ya, yoga sangat bermanfaat sebagai pengobatan rematik. Gerakan yoga dapat membantu tubuh dengan meningkatkan kekuatan otot dan kelenturan tubuh.

Sementara, bagian meditasi dari latihan yoga dapat mengelola pikiran menjadi lebih tenang dan memungkinkan Anda untuk tidur lebih nyenyak dan merasa lebih bersemangat. Orang dengan rematik juga melaporkan berkurangnya rasa sakit setelah rutin mencoba yoga.

Penelitian dalam jurnal medis telah melaporkan bahwa yoga dapat membantu orang yang memiliki rematik dengan meningkatkan keseimbangan tubuh, mengurangi nyeri sendi, dan mengurangi perasaan cemas atau depresi.

Penelitian lain melaporkan bahwa 26 pasien rematik yang mengikuti program yoga selama 8-10 minggu dapat mengurangi gejala rematik yang dimiliki, dan beberapa bahkan berhenti menggunakan obat rematik yang diresepkan dokter.

Ada juga sebuah studi yang menunjukkan bahwa 16 wanita dengan rematik yang mengikuti kelas yoga sebanyak 3 kali dalam seminggu selama 10 minggu mengalami peningkatan keseimbangan dan mengurangi rasa sakit serta depresi.

Penelitian tersebut mendukung manfaat lainnya dari yoga untuk rematik. Yoga dapat meringankan rasa sakit, kegelisahan, depresi, dan kelelahan. Yoga juga dapat menurunkan risiko kena rematik, baik pada pria dan wanita.

Selain itu, yoga membantu meningkatkan rentang gerak sendi dan keseimbangan, energi, kualitas tidur, suasana hati, dan kepercayaan diri pasien rematik.

Cara aman melakukan yoga untuk rematik

Jika Anda ingin melakukan latihan yoga untuk mendukung pengobatan rematik, ikuti beberapa panduan dasar berikut untuk memastikan bahwa latihan yang Anda lakukan memberikan manfaat, bukannya malah menimbulkan cedera.

  • Sebelum mulai latihan yoga, konsultasikan dulu dengan dokter Anda. Tanyakan pada dokter tentang batasan tertentu yang harus Anda hindari. Ini karena kondisi rematik setiap orang berbeda-beda.
  • Pilih kelas yoga yang sesuai. Pilih kelas yoga pemula supaya Anda jadi tahu seperti apa batas kekuatan serta kelenturan fisik Anda. Sekarang ini sudah banyak pusat kebugaran dan studio yoga yang menawarkan kelas yoga khusus untuk orang yang memiliki radang sendi. Labih baik Anda ikut kelas ini.
  • Pastikan instruktur yoga Anda bersertifikat.
  • Perhatikan munculnya rasa sakit apa pun. Jika ada jenis gerakan yang menimbulkan rasa sakit saat atau setelah melakukan yoga, beri tahu instruktur Anda. Bisa jadi pose tersebut tidak baik untuk Anda, dan Anda perlu mengubah atau memodifikasi pose yang bikin sakit.
  • Berlatih yoga sesuai dengan kemampuan tubuh Anda. Setiap orang kapasitasnya beda-beda, jadi jangan terlalu membandingkan diri sendiri dengan orang lain. Dengarkan tubuh Anda sendiri dan segera periksa ke dokter kalau Anda mencurigai adanya keluhan tertentu setelah yoga.

Baca Juga:

  • 7 Bahan Alami untuk Mengatasi Nyeri Sendi Akibat Rematik
  • Benarkah Mandi Malam-malam Bikin Rematik Kambuh?
  • Mengenal Jenis-Jenis Yoga dan Manfaatnya Bagi Kesehatan

Source

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close