Gaya Hidup

7 Jenis Makanan yang Dibutuhkan Rambut untuk Sehat

Ilustrasi/bbs

Kabar6-Tidak hanya melalui perawatan luar seperti creambath atau pemilihan shampo yang sesuai jenis rambut, memiliki rambut yang sehat dan indah dimulai dari makanan yang Anda konsumsi.

Menurut seorang pakar kecantikan, sama seperti bagian tubuh yang lain, proses regenerasi sel rambut yang tergantung pada menu diet yang seimbang. Nutrisi yang Anda konsumsi akan menguatkan folikel rambut, setiap helai rambut dan kulit kepala yang mengelilinginya. Dilansir Webmd, berikut adalah tujuh jenis makanan yang sebaiknya dikonsumsi agar rambut sehat:

1. Salmon
Ikan salmon kaya protein dan vitamin D yang merupakan kunci untuk rambut kuat, juga banyak mengandung omega-3, asam lemak yang dibutuhkan untuk pertumbuhan rambut, membuat rambut lebih sehat dan menguatkan batang rambut.

Tiga persen pembentuk batang rambut adalah berasal dari asam lemak tak jenuh seperti Omega-3. Dan minyak Omega-3 juga membuat kulit kepala tetap terhidrasi sehingga tidak membuat kulit kepala kering, hal yang dapat memicu terjadinya ketombe. Manfaat omega-3 juga bisa didapat dari ikan sarden alpukat, biji labu dan kacang kenari.

2. Kacang kenari
Selain kaya akan omega-3, kacang kenari juga kaya biotin dan vitamin E yang akan membantu melindungi sel rambut Anda dari kerusakan. Setiap hari rambut Anda akan terpapar sinar matahari yang tentu saja dapat menyebabkan kerusakan sel rambut. Kekurangan biotin dapat menyebabkan rambut rontok. Kenari juga memiliki tembaga, mineral yang membantu menjaga warna rambut alami dan berkilau.

3. Tiram
Tiram kaya akan zinc atau seng. Kekurangan zinc akan menyebabkan rambut rontok termasuk bulu mata, rambut kering, serta kulit kepala terkelupas. Anda juga bisa mendapatkan manfaat zinc melalui sereal dan roti gandum. Diketahui, 97 persen struktur rambut terdiri dari protein. Tanpa protein yang cukup, tubuh Anda tidak dapat menggantikan rambut yang rontok secara alami. Anda juga bisa mendapatkan manfaat zinc dengan mengonsumsi kacang, daging dan telur.

4. Ubi jalar
Ubi jalar merupakan sumber beta karoten, yaitu salah satu bentuk vitamin, merupakan senyawa dengan aktivitas antioksidan yang mampu menangkal radikal bebas. Beta karoten ini akan diubah oleh tubuh menjadi vitamin A. Dikatakan seorang ahli, pada dasarnya setiap sel tubuh tidak dapat berfungsi tanpa vitamin A yang cukup.

Vitamin A juga membantu melindungi dan menghasilkan minyak yang mempertahankan kulit kepala. Saat kekurangan vitamin A, kulit kepala akan kekurangan minyak sehingga menimbulkan rasa gatal serta ketombe. Selain ubi jalar, wortel, melon, mangga, labu, dan aprikot juga merupakan sumber beta karoten yang baik.

5. Telur
Telur adalah sumber protein yang baik, karena sarat dengan empat mineral utama yaitu zinc, selenium, sulfur, dan zat besi. Zat besi sangat penting untuk membantu sel-sel membawa oksigen ke folikel rambut. Kekurangan zat besi (anemia) merupakan penyebab utama rambut rontok, terutama pada wanita. Zat besi juga bisa didapat dari ayam, ikan dan daging sapi.

6. Bayam
Besi, beta karoten, folat, dan vitamin C dalam bayam membantu menjaga folikel rambut sehat dan kadar minyak kulit kepala. Selain bayam Anda dapat mencoba sayuran lain seperti brokoli, kubis.

7. Unggas
Ayam atau unggas merupakan sumber protein. Diketahui, stuktur rambut sebagian besar terdiri dari protein, sehingga makanan yang kaya akan sumber protein adalah perisai bagi setiap helai rambut. ** Baca juga: Ketahui Kelebihan & Kekurangan Makanan Olahan

Selamat mencoba.(ilj/bbs)

Tags
Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close