Gaya Hidup

6 Cara Mudah Mengatasi Kelelahan Pada Pengidap Multiple Sclerosis

6 Cara Mudah Mengatasi Kelelahan Pada Pengidap Multiple Sclerosis

Kelelahan adalah salah satu gejala multiple sclerosis yang membuat penderitanya sulit beraktivitas. Tidak seperti gejala lainnya yang datang dan pergi, gejala kelelahan menggerogoti tubuh penderita secara terus-menerus sehingga membuatnya sulit bergerak. Lantas, adakah cara untuk mengatasi kelelahan pada penderita multiple sclerosis?

Berbagai cara mudah mengatasi kelelahan pada orang dengan multiple sclerosis

Penyebab rasa lelah pada penderita multiple sclerosis belum diketahui secara pasti. Namun, para ahli menduga hal ini disebabkan karena adanya perubahan aktivitas di otak sehingga memengaruhi pergerakan anggota tubuh penderitanya.

Dr. Jeffrey Cohen, MD, direktur Cleveland Clinic’s Mellen Center for Multiple Scleroris Treatment and Research di Ohio, mengungkapkan kepada Everyday Health bahwa bentuk kelelahan pada multiple sclerosis tidak hanya sekadar kelelahan secara fisik. Sebab, kelelahan tersebut dapat berupa kondisi stres, sulit tidur, efek samping obat-obatan, hingga kejang otot.

Tak perlu cemas dulu. Berikut ini adalah 6 strategi yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi kelelahan akibat multiple sclerosis.

1. Hindari udara panas

hipertermia adalah suhu tubuh panas ekstrem

Menurut Julie Stachowiak, PhD, penulis The Multiple Sclerosis Manifesto: Action to Take, Principles to Live By yang juga mengidap multiple sclerosis sejak tahun 2003, udara panas adalah salah satu musuh yang patut dihindari oleh penderita multiple sclerosis. Pasalnya, suhu panas berperan seperti “menyerap” energi seseorang sehingga penderita jadi mudah lelah dan labil secara emosi.

Maka itu, penderita sebaiknya segera mendinginkan tubuhnya untuk mengatasi kelelahan. Beberapa cara yang bisa dilakukan adalah dengan menyalakan kipas atau AC di kamar, mandi air dingin, memakai baju tipis dan nyaman, serta minum jus atau minuman dingin lainnya.

2. Seimbangkan istirahat dengan rutin olahraga

pose yoga sambil duduk

Olahraga yang cukup dapat membantu mengatasi kelelahan akibat multiple sclerosis. Nah, cobalah untuk melakukan beberapa bentuk meditasi yang dapat memengaruhi alam bawah sadar Anda seperti tai chi, yoga, atau latihan pernapasan. Tidak hanya mengatasi kelelahan, olahraga ini juga bermanfaat untuk meningkatkan ketahanan tubuh, keseimbangan, dan menurunkan berat badan penderita.

Meski demikian, tidak semua penderita multiple sclerosis dapat merasakan manfaat yang sama setelah berolahraga. Maka itu, bicarakan ke dokter Anda sebelum memilih program olahraga apa pun.

3. Kelola stres

akibat stres berat

Terlalu lama duduk atau berbaring di tempat tidur sering kali memicu stres pada penderita multiple sclerosis. Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa stres dapat memicu pertumbuhan lesi di otak dan lambat laun memunculkan gejala multiple sclerosis, termasuk kelelahan.

Untuk mengatasi kelelahan tersebut, cobalah untuk melakukan olahraga rutin atau sekadar menghirup udara segar di luar rumah, dengan ditemani oleh pasangan atau keluarga. Bila stres tak kunjung reda, mintalah bantuan psikolog atau psikiater untuk mendapatkan terapi perilaku kognitif, yaitu jenis terapi yang bisa membantu mengatasi masalah psikologis Anda.

4. Konsumsi obat-obatan tertentu sesuai anjuran dokter

obat untuk osteoarthritis

Saat konsultasi ke dokter, cobalah untuk meminta resep obat tertentu untuk mengurangi kelelahan yang dirasakan. Ampyra (dalfampridine) adalah salah satu obat yang dapat meningkatkan konduksi saraf dan membantu mengatasi kelelahan. Jenis obat lainnya yang juga dapat mengurangi gejala multiple sclerosis adalah:

  • Symmetrel (amantadine)
  • Provigil (modafinil)
  • Ritalin (methylphenidate)

Ingat, tidak semua penderita multiple sclerosis akan diberikan obat yang sama dan merasakan manfaat yang sama. Ini sebabnya, pastikan bahwa Anda sudah menerima obat yang tepat untuk mengobati gejala penyakit Anda dan siap dengan efek samping yang ditimbulkan.

5. Tidur yang cukup

membantu tidur

Tidur adalah salah satu cara untuk mengembalikan energi setelah seharian beraktivitas. Namun sayangnya, penderita multiple sclerosis sering mengalami sulit tidur akibat rasa lelah yang mengganggu.

Bagi penderita multiple sclerosis, mereka sering kali terbangun di tengah malam karena ingin buang air kecil, kesemutan di kaki, atau sakit di sekujur tubuh. Hal ini juga dapat disebabkan oleh beberapa gangguan tidur seperti sindrom kaki gelisah (RLS) atau sleep apnea.

Untuk mengatasinya, luangkanlah waktu untuk tidur siang setidaknya 20 menit untuk membangun energi dalam tubuh dan mengurangi kelelahan. Pada malam hari, usahakan untuk tidur dan bangun tidur di jam yang sama untuk membentuk pola tidur yang teratur setiap harinya.

6. Makan makanan yang sehat dan bergizi

makan ikan cegah multiple sclerosis

Asupan makanan sehat dan bergizi sangat penting dikonsumsi untuk mengendalikan gejala multiple sclerosis. Pada dasarnya, tidak ada diet khusus bagi penderita multiple sclerosis, sehingga jenis makanan yang dianjurkan umumnya sama seperti menu makanan orang normal.

Pilihlah buah dan sayuran yang kaya akan vitamin D, protein tanpa lemak, dan biji-bijian yang baik untuk mengatasi kelelahan maupun gejala multiple sclerosis lainnya. Bila Anda masih menemukan kesulitan untuk mengatur pola makan, mintalah bantuan dokter atau ahli gizi untuk membuat menu makanan yang sehat untuk Anda.

Baca Juga:

  • 7 Tanda dan Gejala Multiple Sclerosis yang Harus Diwaspadai Sejak Awal
  • Mencegah Multiple Sclerosis Dengan Makan Ikan Setiap Minggu
  • Deretan Makanan yang Baik dan Buruk Bagi Pengidap Multiple Sclerosis

Source

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close