Gaya Hidup

5 Snack Sehat yang Praktis untuk Dibekal di Perjalanan

5 Snack Sehat yang Praktis untuk Dibekal di Perjalanan

Tidak dapat dipungkiri, mengontrol asupan makanan saat sedang bepergian adalah hal yang cukup sulit untuk dilakukan. Terlebih bagi Anda yang memang doyan sekali ‘ngemil’. Nah, sering kali makanan yang dipilih untuk camilan tak jauh-jauh dari snack seperti keripik kentang, wafer, cokelat, atau cookies. Padahal, makanan tersebut memiliki kadar gula, garam serta kalori yang tinggi, sehingga bukanlah pilihan yang tepat jika Anda ingin menjaga stamina dan energi selama perjalanan.

Lantas, apa saja pilihan snack sehat untuk dikonsumsi selama bepergian?

Snack sehat yang baik dikonsumsi saat bepergian

Camilan merupakan salah satu bekal yang wajib dibawa saat Anda sedang bepergian. Pasalnya, keinginan untuk ngemil biasanya akan lebih besar saat sedang bepergian. Entah karena sekadar iseng, bosan di perjalanan, atau memang karena lapar. Meski begitu, jangan asal membawa camilan.

5 makanan berikut ini bisa jadi snack sehat yang bisa Anda konsumsi selama perjalanan. Tak hanya baik untuk Anda, tapi juga anak-anak.

1. Granola bar

Granola adalah salah satu snack sehat yang sekarang ini sedang banyak digunakan orang sebagai makanan diet. Makanan yang satu ini memang memiliki kadar gula rendah dan serat yang tinggi, sehingga selain sehat, granola juga membuat Anda kenyang lebih lama. Meskipun produk granola bar sudah banyak dijual di pasaran, Anda bisa mencoba membuat camilan sendiri ini di rumah sebelum bepergian.

Caranya, campurkan oats, kacang almond, buah kering, gula palem dan madu secukupnya ke dalam sebuah wadah. Lalu aduk-aduk rata dan kemudian panggang dalam sebuah oven. Voila! Granola bar siap jadi bekal perjalanan Anda.

2. Sandwich

Sandwich merupakan makanan yang kaya gizi dan mudah dibuat. Dalam setangkup, Anda bisa memasukkan berbagai makanan untuk memenuhi kecukupan nutrisi selama di perjalanan. Pilihlah roti gandum yang kaya serat dan rendah gula. Lalu, isilah roti dengan fillet dada ayam, keju, selada, tomat dan buah zaitun.

Sebagai penambah rasa, Anda bisa oleskan mayonaise rendah lemak atau mustard. Anda juga bisa mengisi roti gandum dengan selai kacang dan potongan pisang. Setelah itu, potong sandwich ke dalam ukuran sekali makan (size-bites) untuk memudahkan Anda mengonsumsinya selama di perjalanan.

3. Biskuit

Biskuit merupakan salah satu snack sehat yang cocok dijadikan teman saat perjalanan jauh. Selain rasanya yang enak, biskuit juga bisa mengenyangkan perut. Kandungan karbohidrat pada biskuit bisa membuat perut terasa kenyang seketika. Meski begitu, pilihlah biskuit yang rendah kalori, misalnya biskut gandum utuh. Biskuit tersebut akan membuat Anda cepat kenyang sehingga sangat ampuh menahan lapar. Di lain sisi, biskuit ini pun akan menjaga pencernaan Anda tetap sehat selama perjalanan.

4. Kacang-kacangan

Selain biskuit, kacang-kacangan juga cocok dibawa untuk bekal saat bepergian. Kandungan serat dan protein yang tinggi pada kacang mampu membuat perut kenyang lebih lama. Selain itu, kandungan serat pada kacang juga dapat menetralisir kadar gula darah dan baik bagi kesehatan pencernaan.

Beberapa jenis kacang-kacangan yang bisa dijadikan snack sehat selama bepergian adalah kacang almond, kacang kenari, dan kacang mete. Selain menyehatkan, ngemil beberapa butir kacang tersebut bahkan membantu meningkatkan suasana hati Anda selama perjalanan.

5. Buah dan sayur potong

Saat bepergian, Anda tetap bisa mencukupi asupan serat, vitamin dan mineral dari buah dan sayur yang Anda sukai. Agar lebih mudah memakannya di perjalanan, potong-potong dalam ukuran kecil, tempatkan di wadah kedap udara. Siapkan buah apel, pepaya, strawberry, melon dan jeruk. Sedangkan untuk sayurannya, Anda bisa menggunakan potongan wortel, mentimun dan tomat. Setelah itu, simpan di lemari es beberapa jam sebelum keberangkatan. Selain rasanya segar, bentuknya yang kecil mudah dikemas dan dimakan dalam mobil atau bus.

Namun perlu diingat juga, meski kandungan camilan ini baik untuk kesehatan, bila dimakan dalam jumlah besar dalam waktu singkat, tentu tidak baik untuk tubuh.

Baca Juga:

  • 10 Snack Sehat untuk Menghadapi Iklim di Indonesia
  • Cara Sehat Konsumsi Snack dalam Kemasan
  • Efektifkah Menahan Rasa Lapar Dengan Makan Snack Bar?

Source

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close