Gaya Hidup

5 Jenis Makanan Super Ini Mampu Melawan Peradangan Pada Tubuh

5 Jenis Makanan Super Ini Mampu Melawan Peradangan Pada Tubuh

Penyakit rematik, diabetes, asma, iritasi usus, atau penyakit jantung disebabkan oleh adanya peradangan pada tubuh yang tidak disembuhkan. Biasnaya penyakit ini muncul di usia tua, tapi juga bisa terjadi jika makanan yang dikonsumsi bisa memicu terjadinya peradangan. Untuk menghindari penyakit tersebut, sebagian besar orang menjalani diet antiradang atau hanya mengonsumsi makanan-makanan yang sifatnya melawan peradangan.

Daftar makanan yang bisa melawan peradangan pada tubuh

Sistem kekebalan tubuh yang sehat dapat mengenali dan melawan bakteri, virus, atau zat kimia yang masuk ke tubuh. Pada proses tersebut, akan terjadi peradangan pada tubuh. Lambat laun, peradangan yang tidak disembuhkan akan semakin parah dan bisa menyebabkan penyakit kronis. Kondisi ini akan semakin parah, bila pasien tidak menghindari bebrapa makanan yang memperburuk peradangan.

Obat-obatan memang dapat menyembuhkan peradangan, tapi akan ada efek samping yang ditimbulkan. Jadi, banyak ahli kesehatan yang merekomendasikan untuk melakukan diet antiradang sebagai pelengkap obat. Diet ini diyakini aman sekaligus sebagai salah satu cara mencegah Anda terkena penyakit kronis di usia tua nantinya.

Lalu, apa saja makanan yang bisa melawan peradangan? Berikut daftarnya.

1. Sayur dan buah

buah dan sayur

Sayur dan buah memang memiliki banyak sekali nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Anda dapat dengan mudah menikmati sayur dan buah dalam menu makanan ataupun jus. Beberapa sayur dan buah yang membantu tubuh mengurangi peradangan, meliputi:

Bok choy

Bok choy dikenal juga dengan kubis Cina, yang mengandung lebih dari 70 senyawa antioksidan, salah satunya adalah asam hydroxycinnamic. Senyawa ini membantu tubuh meningkatkan sistem kekebalan tubuh terhadap infeksi.

Brokoli

Sayuran mengandung tinggi kalium, magnesium, dan antioksidan, seperti flavonoid dan karotenoid. Antioksidan tersebut saling bekerja sama untuk menurunkan stres oksidatif dalam tubuh, yaitu jumlah radikal bebas yang melebihi kapasitas tubuh untuk dinetralkan. Brokoli juga ampuh untuk mencegah penyakit kanker dan penyakit jantung.

Seledri

Selain daun dan batangnya, biji seledri juga memiliki khasiat yang sama, yaitu mengurangi peradangan dengan melawan infeksi bakteri. Manfaat lain yang bisa Anda dapatkan bila memakannya adalah menjaga keseimbangan mineral dalam tubuh dan kadar kolesterol. Anda bisa menambahkan seledri pada sup atau dibuat jus.

Nanas

Buah berwarna kuning ini mengandung bromelain yang memberikan banyak manfaat pada tubuh. Bukan cuma mengurangi peradangan, manfaat nanas lainnya adalah mencegah terjadinya penggumpalan darah pada pembuluh yang menghambat sirkulasi darah.

Buah bit

Tanaman yang mirip kentang kecil berwarna merah ini mengandung banyak antioksidan yang dapat memperbaiki sel-sel tubuh yang rusak akibat peradangan. Kalsium dan magnesium yang terdapat pada buah bit sangat rendah, sehingga tidak akan menyebabkan penumpukan kalsium yang menyebabkan batu ginjal.

2. Ikan salmon

kulit ikan salmon

Ikan salmon mengandung asam lemak omega-3 yang paling ampuh untuk mengurangi peradangan. Selain itu, daging ikan ini sangat baik untuk meningkatkan kemampuan otak, baik untuk mempertajam daya ingat dan meningkatkan konsentrasi.

3. Biji-bijian

apa itu chia seed

Biji rami (flax seed)

Walaupun bentuknya kecil-kecil, biji rami termasuk makanan yang mengandung antioksidan, yaitu polifenol. Manfaatnya adalah mencegah penuaan dini serta menjaga keseimbangan hormon dan bakteri baik di dalam tubuh.

Chia seed

Chia seed mengandung asam lemak omega-3, asam lemak omega-6, dan juga asam lemak esensial alfalinolenat. Ketiga asam lemak tersebut mampu mengatur kolesterol, menurunkan tekanan darah, dan mengurangi stres oksidatif sehingga sering dikonsumsi oleh orang dengan aterosklerosis.

4. Rempah-rempah

meredakan vertigo

Kunyit

Senyawa utama pada kunyit, yaitu kurkumin, diyakini lebih ampuh mencegah peradangan daripada aspirin atau ibuprofen. Oleh karena itu, kunyit bisa dijadikan obat alami untuk penyakit rematik atau penyakit radang sendi lainnya.

Jahe

Selain mengurangi perut mual dan menghangatkan tubuh, jahe mampu mengurangi peradangan dengan menormalkan respons imun yang terlalu aktif. Jahe juga membantu tubuh untuk memecah racun sehingga sistem limfatik bekerja lebih mudah serta digunakan sebagai obat alami untuk asma dan alergi.

5. Kacang walnut

Kacang walnut atau kacang kenari merupakan sumber asam lemak omega-3 dari nabati. Senyawa fitonutrien yang terdapat pada kacang ini tidak ditemukan pada makanan lain. Fungsinya untuk membantu melindungi tubuh dari sindrom metabolik seperti tekanan darah tinggi, kadar gula darah tinggi, atau kadar kolesterol tinggi.

Baca Juga:

  • Deretan Makanan yang Baik dan Buruk Bagi Pengidap Multiple Sclerosis
  • Daftar Makanan Pemicu Iritasi Usus yang Wajib Dihindari Pengidap IBS
  • Yuk, Cegah Diabetes Dengan Menghindari Makanan dan Minuman Ini

Source

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close