Gaya Hidup

5 Cara Jitu Mengakali Rasa Bosan Makan Makanan Sehat

5 Cara Jitu Mengakali Rasa Bosan Makan Makanan Sehat

Jika Anda saat ini sedang giat makan sehat, ada kalanya Anda merasa kurang berselera dengan menu yang itu-itu saja. Wajar jika Anda merasa bosan makan sehat, tapi jangan sampai melampiaskannya dengan kembali mencicip junk food atau gorengan pinggir jalan. Untuk membantu mengatasi kejenuhan Anda, yuk simak tipsnya berikut ini.

Tips jitu mengatasi bosan makan sehat

Makan makanan sehat tentu bermanfaat untuk tubuh. Selain bisa memberikan energi yang lebih tahan lama, menu makanan sehat seimbang juga membantu regenerasi sel tubuh, mendukung pertumbuhan otot, hingga meningkatkan kekebalan tubuh terhadap berbagai penyakit serius. Maka, penting bagi Anda untuk tetap berusaha makan sehat seetiap hari. Bagaimana jika merasa bosan?

1. Buat variasi menu

Makanan sehat identik dengan salad sayuran segar. Namun tidak harus selamanya seperti itu. Jika Anda bosan dengan salad tapi masih ingin makan sayur, kenapa tidak coba versi lokalnya?

Ganti selada, kol, dan saus Thousand Islands Anda dengan karedok segar yang disiram bumbu kacang dan kencur atau trancam yang pakai parutan kelapa. Alternatifnya, masukkan sayuran favorit Anda ke dalam hidangan pasta atau kreasikan menjadi burger nasi isi sayur-sayuran.

Salad pun bukan hanya berisi sayur atau buah segar saja, Anda bisa memasukkan kacang-kacangan, jamur, atau potongan daging ayam yang sebelumnya sudah dibumbui dan dipanggang.

2. Tingkatkan kemampuan memasak

Dilansir dari Very Well, jika kemampuan memasak Anda hanya sebatas meracik salad atau bikin mie rebus, tentu pilihan resep makanan yang bisa Anda kreasikan juga akan terbatas. Terlebih, restoran atau tempat makan yang menyajikan makanan sehat dan seimbang di sekitar kita pun juga masih bisa dihitung jari, atau malah mahal harganya. Akhirnya, menu makanan yang Anda buat hanya itu-itu saja, membuat Anda bosan, dan nafsu makan jadi menurun.

Agar tidak cepat bosan makan sehat, imbangi dengan terus mengasah kemampuan memasak Anda. Beli buku panduan memasak atau telusuri saja cara resep menu sehat lainnya lewat ponsel Anda. Jangan lupa untuk mencatatnya dan buat jurnal menu makanan setiap minggunya.

3. Ayo belanja

Jika bahan-bahan yang tersedia di kulkas Anda hanya itu-itu saja, tidak aneh kalau Anda lama-lama bosan. Cobalah untuk pergi ke pasar atau toko sayur dan buah untuk membeli bermacam-macam sayur dan buah lainnya yang Anda suka. Tambahkan juga beberapa rempah-rempah alami, biji-bijian, kacang-kacangan yang bisa Anda gunakan sebagai penambah rasa.

Jangan lupa untuk membuat catatan belanja sebelumnya, agar anggaran belanja Anda tidak terlalu besar. Kemudian, mulai bersihkan buah atau sayur di dalam kulkas yang sudah tidak bisa dimakan. Anda bisa mencampurkan bahan makanan yang baru Anda beli dengan makanan yang sudah tersedia. Ini menghindari makanan sudah lama disimpan terbuang dengan percuma.

4. Tambahkan penyedap

Ada banyak penyedap makanan yang bisa Anda tambahkan untuk memperkaya rasa makanan. Berikut beberapa penyedap makanan yang bisa Anda gunakan, seperti:

  • Cuka atau sari apel untuk meningkatkan rasa daging, ikan, atau salad
  • Kecap atau saus untuk menambah rasa telur, daging, ikan, sayur ataupun kentang
  • Rempah-rempah, seperti kayu manis, biji pala, lada hitam, jinten, kemangi, ketumbar, daun mint, ataupun oats untuk menambahkan rasa gurih dan manis pada makanan
  • Biji-bijian, seperti biji rami dan chia seed yang bisa ditambahkan pada yogurt atau sereal Anda
  • Minyak zaitun dan ekstrak lemon atau almond untuk mengolah makanan secara sehat sekaligus meningkatkan rasa makanan.

5. Ubah menu sesering mungkin

Membuat jurnal menu setiap minggu itu penting. Ini menghemat waktu Anda sekaligus mempersiapkan apa saja bahan makan yang Anda beli. Usahakan untuk membuat menu yang beragam.

Misalnya, jika hari ini Anda makan capcai brokoli maka esoknya ganti dengan bayam atau kubis. Jika Anda bosan dengan ayam, ganti dengan ikan atau daging sapi. Kemudian, bila Anda bosan dengan oatmeal untuk sarapan, ganti dengan quinoa atau roti panggang isi telur orak-arik dan irisan alpukat.

Baca Juga:

  • 6 Deretan Makanan yang Tepat Bagi Anda yang Sering Kentut
  • Mengenal Seitan, Makanan Pengganti Daging yang Tak Kalah Bergizi dan Lezat
  • 6 Makanan Tinggi Karbohidrat yang Tidak Membuat Berat Badan Cepat Naik

Source

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close