Gaya Hidup

3 Gerakan Latihan Rutin untuk Memperkuat Daya Ingat

3 Gerakan Latihan Rutin untuk Memperkuat Daya Ingat

Menjadi tua adalah sebuah proses yang sulit dihindari. Namun, banyak orang yang berusaha untuk mencegah penuaan dengan berbagai cara.

Mungkin, salah satu mengapa menjadi tua terasa menakutkan adalah karena saat usia menua, terjadi pula penurunan dari fungsi tubuh yang akan mengganggu aktivitas kehidupan sehari-hari. Contohnya, penurunan daya ingat.

Penurunan daya ingat memang menyebalkan. Mulai dari lupa di mana menaruh kunci mobil, sulit mengingat nama teman, hingga lupa akan waktu dan janji yang telah dibuat. Tetapi, sebenarnya ada banyak cara untuk mempertahankan kemampuan daya ingat kita. Tentunya, semakin awal dilakukan semakin baik. Semakin rutin dan sering dipraktikkan, akan semakin kuat pula memori kita. Lalu, apa saja yang dapat kita lakukan?

Gerakan antipikun yang bisa dicoba

Ada 3 gerakan yang dapat membantu mempertahankan memori dan kapasitas ingatan kita, yaitu:

1. Silang angkat

Sumber: http://balayoga.com/10-minute-detox-yoga-flow/

Gerakan ini agak sedikit baru dan mungkin Anda belum pernah melakukannya. Gerakan silang angkat dilakukan dengan berdiri kedua kaki terbuka lebar, dengan telapak kaki kanan menghadap ke samping kanan dan telapak kaki kiri menghadap ke depan.

Letakkan tangan kiri di samping tubuh dan rentangkan tangan kanan. Bawa kaki kiri ke arah kanan dengan memutar tubuh sambil menarik tangan kanan ke bawah dan mengepal. Bawa tubuh kembali ke posisi awal.

Lakukan pula untuk kaki kanan dan tangan kiri secara bergantian. Bila memungkinkan, tingkatkan kecepatannya secara bertahap sehingga semakin lama gerakannya semakin cepat. Ingat untuk fokus pada gerakan kaki dan tangan.

2. Silang bungkuk

Gerakan ini membantu untuk mengoordinasikan tangan dan kaki serta meregangkan pinggang dan punggung.

Berdirilah dengan kedua kaki terbuka selebar bahu. Tempatkan kedua tangan di samping. Membungkuklah sambil merentangkan tangan kanan hingga menyentuh jempol kaki kiri.

Angkat badan ke atas ke posisi semula, lalu membungkuk lagi dengan merentangkan tangan kiri ke jempol kaki kanan. Kemudian bawa tubuh ke atas.

Lakukan gerakan ini berulang-ulang bergantian kanan dan kiri. Seiring dengan makin terbiasa pada gerakan ini, tingkatkan kecepatannya.

3. Lompat silang

lompat silang untuk daya ingat

Lompat dengan kaki dan tangan menyilang bukan gerakan baru. Tapi, mengoordinasikan gerakan tangan dan kaki akan melatih otak dan menajamkan kemampuan otak dalam berpikir dan mengingat.

Pertama-tama, berdirilah dengan kedua kaki terbuka selebar bahu. Letakkan tangan di samping badan. Kemudian, melompatlah sambil merapatkan kedua kaki dan bawa tangan ke atas kepala hingga kedua telapak tangan saling bertepuk.

Lakukan gerakan ini berulang-ulang dan fokuskan pikiran pada koordinasi tangan dan kaki.

Nah, rutinkan ketiga gerakan ini untuk hasil terbaik ya.

Baca Juga:

  • 7 Makanan untuk Meningkatkan Daya Ingat Anda
  • 10 Makanan yang Dapat Memperkuat Memori
  • Perbedaan Demensia dan Alzheimer, Dua Penyakit Penyebab Pikun

Source

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close